ve_blue

...My inspiration...

Yang dimaksud dengan bahasa baku adalah ragam bahasa yang mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang menyangkut ejaan, lafal, bentuk kata, struktur kalimat maupun penggunaan bahasa.Sedangkan bahasa tidak baku adalah bahasa yang tidak mengikuti kaidah dan tidak sesuai dengan EYD(Ejaan Yang Disempurnakan).

Kita sering kesulitan menentukan kata yang baku dan kata yang tidak baku. Berikut ini saya tampilkan daftar kata-kata baku bahasa Indonesia yang disusun secara alfabetis.

Kata Tidak Baku dan Kata Baku :


A

1. abis = habis
2. accu = aki
3. action = aksi
4. adap = adab
5. adzan = azan
6. aktifitas = aktivitas
7. aktip = aktif
8. analisa = analisis
9. anarkhi = anarki
10. anggauta = anggota
11. antri = antre
12. apotik = apotek
13. aquarium = akuarium
14. atheis = ateis
15. atlit = atlet
16. atmosfir = atmosfer
17. autobiografi = otobiografi
18. azas = asas
19. azasi = asasi

B

20. banget = sekali
21. biosfir = biosfer
22. bis = bus

C

23. cabe = cabai
24. capek = capai
25. centimeter = sentimeter
26. cidera = cedera
27. cinderamata = cenderamata
28. culture = kultur


D

29. dalem = dalam
30. debet = debit
31. defaluasi = devaluasi
32. deputy = deputi
33. detil = detail
34. diagnosa = diagnosis
35. difinisi = definisi
36. dipersilahkan = dipersilakan
37. do'a = doa
38. duit = uang
39. duren = durian
40. dzat = zat

E

41. ekstrim = ekstrem
42. ekwivalen = ekuivalen
43. elit = elite
44. enggak = tidak

F

45. faham = paham
46. familiar = familier
47. fihak = pihak
48. fikir = pikir
49. frekwensi = frekuensi
50. frustasi = frustrasi

G

51. gampang = mudah
52. genteng = genting
53. glukosa = glukose
54. goa = gua
55. goncang = guncang
56. group = grup
57. gubug = gubuk


H

58. hadist = hadis
59. hakekat = hakikat
60. hektar = hektare
61. hembus = embus
62. hempas = empas
63. hetrogen = heterogen
64. himbau = imbau
65. himpit = impit
66. hipotesa = hipotesis
67. hipotik = hipotek
68. hirarkhi = hierarki
69. hisap = isap
70. hutang = utang

I

71. idiologi = ideologi
72. ihlas = ikhlas
73. ijasah = ijazah
74. ijin = izin
75. ilang = hilang
76. imajinasi = imaginasi
77. influensa = influenza
78. inpus = infus
79. institute = institut
80. insyaf = insaf
81. inteligen = intelijen
82. interograsi = interogasi
83. interospeksi = introspeksi
84. intrupsi = interupsi
85. isteri = istri

J

86. jadual = jadwal
87. jaman = zaman
88. jenasah = jenazah
89. jenius = genius


K

90. kaedah = kaidah
91. kalo = kalau
92. kangguru = kanguru
93. kantung = kantong
94. kaos = kaus
95. karir = karier
96. katagori = kategori
97. kharisma = karisma
98. konggres = Kongres
99. kongkrit = konkret
100. konperensi = konferensi
101. kreatifitas = Kreativitas
102. kwalifikasi = kualifikasi
103. kwalitas = kualitas
104. kwantitas = kuantitas
105. kwitansi = kuitansi

L

106. laba-laba = labah-labah
107. langganan = pelanggan
108. lempeng = lurus
109. lesung pipit = lesung pipi
110. linier = linear
111. lobang = lubang

M

112. managemen = manajemen
113. mangkok = mangkuk
114. mantep = mantap
115. masaalah = masalah
116. massal = masal
117. mempesona = memesona
118. menejer = manajer
119. menyuci = mencuci
120. merk = merek
121. merubah = mengubah
122. mesjid = masjid
123. meterei = meterai
124. metoda = metode
125. mikroba = microbe
126. milyar = miliar
127. missi = misi
128. monarkhi = monarki
129. monopause = menopause
130. moril = moral
131. mozaik = mosaik
132. mulya = mulia
133. musium = museum

N

134. nafas = napas
135. nampak = tampak
136. nasehat = nasihat
137. netralisir = netralisasi
138. nomer = nomor

O

139. obyek = objek
140. omset = omzet
141. otentik = autentik
142. otopsi = autopsy

P

143. pasport = paspor
144. pegi = pergi
145. pengen = ingin
146. pengreditan = pengkreditan
147. perduli = peduli
148. phisik = fisik
149. photo = foto
150. pondasi = fondasi
151. praktek = praktik
152. proffesor = professor
153. propinsi = provinsi
154. pungkir = mungkir
155. putera = putra

Q

R

156. ramadhan = ramadan
157. rame = ramai
158. rapor = rapot
159. rejeki = rezeki
160. relative = relatif
161. resiko = risiko
162. roh = ruh
163. ronsen = rontgen
164. rubah = ubah

S

165. sanksi = sangsi
166. sariawan = seriawan
167. sate = satai
168. sekedar = sekadar
169. sembraut = kacau
170. senen = senin
171. sentausa = sentosa
172. silahkan = silakan
173. sintesa = sintesis
174. sistim = sistem
175. sistimatis = sistematis
176. sportifitas = sportivitas
177. sportip = sportif
178. standard = standar
179. standarisasi = standardisasi
180. sukur = syukur
181. sutra = sutera
182. syah = sah
183. syaraf = saraf

T

184. tahta = takhta
185. tehnik = teknik
186. tekhnologi = teknologi
187. teoretis = teoritis
188. terhempas = terempas
189. terlanjur = telanjur
190. terlantar = telantar
191. theatre = teater
192. tilpon = telepon
193. trampil = terampil
194. trotoar = trotoir

U

195. university = universitas
196. urin = urine

V

197. varitas = varietas

W

X

Y

198. yudikatif = judikatif
199. yudisial = judisial
200. yurisdiksi = jurisdiksi

Z

5 komentar:

Ni sumber kata baku dan tidak baku nya dari mana? Bisa dijadikan referensi gak? Tolong dibales di blog aku http://www.citago.net

Mmm.. masih banyak yang salah gan. Nih, saya ada artikel yang lebih lengkap lagi. Dan Insya Allah sudah saya cek ulang di Kamus Besar Bahasa Indonesianya...
http://maryam-qonita.blogspot.com/2011/04/daftar-kata-baku-tidak-baku.html

makasih,,, :)

Anonim mengatakan... 18 Februari 2013 04.58  

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°

alhamdulillah tugas ku selesai dengan cepat, makasih ya,
eh visit my blog ya http://faishalibra9.blogspot.com

Poskan Komentar

I'm Here

Followers

Chat Me


ShoutMix chat widget